Selasa, 11 Mei 2010

Bab V

KESIMPULAN DAN SARAN

Setelah melakukan pembahasan terhadap data-data yang penulis peroleh dari Kantor Pelayanan Pajak Pratama Palembang Ilir Barat, maka dalam bab ini penulis mencoba menarik kesimpulan dan memberikan saran-saran yang mungkin berguna bagi pihak perusahaan dalam menjalankan aktivitasnya secara lebih optimal dimasa yang akan datang. Adapun kesimpulan dan sarannya adalah sebagai berikut:

5.1 Kesimpulan
Berdasarkan analisa yang telah dilakukan penulis terhadap permasalahan yang ada pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Palembang Ilir Barat, maka penulis menarik kesimpulan sebagai berikut:
a. Variabel motivasi non material yang terdiri dari promosi, pemberian tanda jasa, pengawasan, pujian lisan dan kemampuan kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Palembang Ilir Barat. Ini dapat dilihat dari hasil uji hipotesis dengan melihat hasil perhitungan pada tabel Anova. Dimana nilai sig.F (0.000) lebih kecil dari nilai α (0.05) yang berarti hipotesis adalah benar. Selain itu, ini dapat dilihat juga dari hasil uji hipotesis dengan melihat hasil perhitungan pada tabel coeficient. Dimana nilai sig.t lebih kecil dari nilai α (0.05) yang berarti hipotesis adalah benar.
b. Variabel motivasi non material yang paling berpengaruh terhadap kinerja karyawan yaitu variabel promosi dengan nilai koefisien regresi sebesar 0.229 yang memiliki nilai koefisien regresinya paling besar diantara variabel-variabel yang lainnya yang ikut mempengaruhi.


5.2 Saran
Dari kesimpulan yang telah dikemukakan diatas, maka penulis mengajukan beberapa saran sebagai alternatif jalan keluar yang mungkin dapat membantu pemecahan masalah dari Kantor Pelayanan Pajak Pratama Palembang Ilir Barat, yaitu sebagai berikut:
a. Hendaknya pihak Kantor Pelayanan Pajak Pratama Palembang Ilir Barat dapat secara terus menerus memberikan motivasi non material dengan tingkat dan kadar yang sama walaupun telah diketahui bahwa promosi merupakan variabel motivasi non material yang paling berpengaruh terhadap kinerja karyawan, karena keseluruhan variabel motivasi non material tersebut satu sama lain berpengaruh terhadap kinerja karyawan dan dalam peningkatan kinerja karyawan yang ingin diwujudkan dapat tercapai sesuai dengan yang diharapkan pihak Kantor Pelayanan Pajak Pratama Palembang Ilir Barat.
b. Agar penyelesaian tugas yang ada dapat diselesaikan dengan baik dan bersungguh-sungguh sehingga dapat mencapai hasil yang maksimal, maka hendaknya Kantor Pelayanan Pajak Pratama Palembang Ilir Barat benar-benar memperhatikan lingkungan, tingkah laku, keadaan dan kemauan karyawannya terutama dalam pelaksanaan tugas sehari-hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar